Main ke alam adalah sesuatu yang sangat gue tunggu-tunggu ketika weekend atau hari libur selain weekend. Dan pastinya, gue ngga pernah s...

Karma Main Diem-diem

 

Main ke alam adalah sesuatu yang sangat gue tunggu-tunggu ketika weekend atau hari libur selain weekend. Dan pastinya, gue ngga pernah sendiri, pasti gue ngajak temen-temen yang biasa main bareng gue atau sebaliknya. Tapi, pernah suatu ketika gue udah ngebet banget mau main ke alam padahal temen-temen gue kebanyakan masih belum ada waktu buat join. Dari sinilah gue memahami apa itu karma “instan”.

Malam sebelum hari H, gue ngadain ‘rapat’ tersembunyi di sebuah angkringan sama kedua temen gue yang bisa ikut main. Udah gue bilang, gue ngga pernah sendiri kalau mau main, tapi gue pernah main cuma ngajak segelintir dari temen-temen gue karena kebanyakan temen-temen gue yang lainnya kebanyakan pada sibuk dan gue ngebet banget pengin refreshing. Untungnya kedua temen gue ini juga sepemikiran dengan gue, haha (ketawa setan).

Di angkringan itu, gue bersama dua temen gue menyepakati bahwa : ngga bakal bikin story di medsos manapun, ngga ngajak yang lain di grup main (karena emang pada sibuk dan ga mungkin bisa ikut, jadi biar ga bikin iri dan perselisihan), dan ngga buka-bukaan perihal agenda main ini ke siapapun.

Esoknya, me and the boys pun berangkat dengan dua motor. Ardha sendirian, sedangkan Fahri ngebonceng gue tapi pake motor gue. Sebelum berangkat, seperti biasa, kita ngumpul dulu di SPBU Gayamsari buat basa basi dan briefing. Setelah dirasa udah cukup dan ngga ada barang yang ketinggalan, kita langsung cabut sebelum jalan jadi makin ramai.

Tujuan pertama waktu itu adalah ke curug Lawe. Berbekal GPS di HP, belum ada kendala yang menghambat perjalanan. Hingga di suatu pertigaan, keraguan mulai muncul. Gue yang ngga terlalu hapal atau mungkin lupa, cuma bisa dengerin apa yang diomongin mereka berdua. Sesekali gue mikir juga yang bener yang mana.

Lama berunding di tepi jalan, akhirnya diputuskan bahwa pertigaan yang harusnya kita belok bukan yang itu. Tetapi pertigaannya masih agak di depan lagi. Jadi, kita bertiga pun lanjutin perjalanan, lurus mengikuti jalan raya dan belok ketika udah sampai di pertigaan yang dimaksud.

Di perjalanan itu gue dibonceng. Yang gue lakuin mungkin cuma liat kanan kiri sama ngobrol sama si Fahri yang ngebonceng gue. Sementara Ardha, dia sendirian. Gue ngga tau apa yang dia lakuin di perjalanan selain bawa itu motor sendirian. Nyanyi? Mikirin tentang luar angkasa? Gue ngga tahu pasti. Tapi yang masih bikin gue ketawa dalem ati gue adalah dia mungkin terlalu terburu-buru ketika mau ngumpul di SPBU, jadi di dalem jok motornya masih ada minyak goreng sama sayuran yang mungkin baru dibeli ibunya tadi pagi.

Ngga kerasa gue sama Fahri hampir sampai di pertigaan itu. Sementara itu, Ardha di belakang menunggu komando dari lampu sein kanan yang bakal dinyalain sama si Fahri. Gue hanya bisa mengamati keadaan di sekitar, kiri kanan, belakang, dan jarak antara motor gue dan Ardha. Jarak posisi sekarang dengan pertigaan yang dimaksud semakin dekat, Fahri pun inisiatif mendekat ke pembatas jalan di tengah-tengah, mengambil start buat belok ke kanan.

Sayangnya, keraguan mulai muncul lagi di benak si Fahri. Gue sendiri bisa tahu itu karena dia sempet berhenti sebentar di celah perbatasan jalan. Tapi setelah itu dia langsung tancap gas lagi buat lanjut. Dan di sinilah karma beruntun yang gue dan temen-temen gue alami mulai nampak lebih jelas.

Posisi Ardha waktu itu adalah di belakang gue dan Fahri. Fahri yang mulai ragu apakah dia udah ngelewatin pertigaannya atau engga, akhirnya lanjut tancap gas, ngga jadi berhenti di celah perbatasan tengah jalan. Selang beberapa detik kemudian gue mendengar suara motor yang jatuh di belakang gue. Feeling gue udah ga enak, dan ternyata bener aja yang jatuh adalah Ardha!

“Goblok!”, kutuk seorang sopir truk yang tepat di belakang Ardha.

Fahri gue suruh menepi dan rencananya setelah itu adalah nolongin Ardha. Gue tengok kanan kiri jalan buat nyebrang, dan pandangan gue berhenti di sebuah warung kecil pinggir jalan. Bukan gue mau sarapan! Tapi di situ ada beberapa polisi yang lagi sarapan. Akal gue kayanya mulai hilang, gue jadi takut kalau kejadian ini jadi tambah panjang gara-gara ada polisi yang kebetulan tahu secara langsung. Padahal, polisi itu bukanlah polisi lalu lintas, melainkan polisi biasa.

Akhirnya Ardha berhasil menepi dengan iringan suara celaan dari supir truk tadi samar-samar. Pak polisi yang ternyata udah ada di samping gue juga ikut nenangin ini orang dengan nyuruh gue ngasih air putih. Setelah mulai tenang dan stabil, perjalanan pun dilanjutkan. Sebelum itu, Ardha njelasin kenapa dia bisa keseruduk truk dari belakang. Ternyata dia tahu kalau pertigaannya udah kelewat di belakang, jadi dia inisiatif buat putar balik. Tapi ketika dia putar balik dia ga ngeh kalau di belakangnya ada truk, selain itu dia juga mendadak nyalain lampu sein kanannya.

Semakin mendekati lokasi destinasi pertama, jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok. Butuh effort yang lumayan juga buat sampe di lokasi, apalagi motor gue ini dinaikin dua orang. Meski begitu, akhirnya kita bertiga mulai memasuki daerah curug, ditandai dengan kiri-kanan jalan yang didominasi dengan rumput dan pepohonan hijau segar. Beruntungnya lagi, waktu itu curug juga belum begitu ramai pengunjung.

Jalur Menuju Parkiran Curug Lawe
Suasana jalan menuju parkiran Curug Lawe jam 10.00
Dengan kebiasaan si Fahri yang naik motornya barbar, akhirnya gue dan kawan-kawan sampai di tempat parkir. Seperti biasa, basa basi terjadi antara penjaga parkiran dan gue. Kita bertiga kemudian jalan kaki terlebih dahulu buat menuju curugnya. Sebelum memasuki gerbang yang menyambut kedatangan pengunjung, ada beberapa warung kecil yang berjajar di tepi jalan kecil beraspal. Kemudian, setelah gerbang itu, jalur yang ditempuh mulai menurun.

Engga perlu ditanya pemandangan dan vibesnya kaya gimana, yang pasti bener-bener sejuk, damai, dan berbeda dengan suasana di perkotaan. Suara serangga dan burung-burung bersahutan, pepohonan hijau, kabut, dan gemercik aliran air yang bersumber dari curug Lawe. Sempat mengambil beberapa foto, tapi sayangnya, perjalanan menuju curug berhenti sampai di jembatan merah yang sering jadi spot foto. Rencananya, ada destinasi lain setelah ini.

Suasana Curug Lawe di pagi hari
Kabut yang bikin pemandangan jadi lebih misty
Jembatan Merah Curug Lawe
Jembatan Merah jalur menuju Curug Lawe
Sebelum meninggalkan area curug Lawe, kami istirahat sebentar di salah satu warung. Sekadar beli gorengan dan es teh serta ngobrol ringan buat mengisi tenaga. Yang bikin gue kaget di sini adalah penjual di warung ini pake HT. Bukannya gue kaget karena takut, tapi gue kaget gara-gara keinget meme tukang bakso pake HT yang dimirip-miripin sama intel yang menyamar.

Akhirnya, perjalanan pun dilanjutkan meskipun sebelumnya salah satu temen gue, Ardha, kehilangan pacarnya tiket parkirnya. Seperti biasa, hal yang kadang bikin gue ga bisa tenang adalah ke-barbar-an si Fahri ketika bawa motor gue. Gue ga terlalu takut kalau ntar gue jatuh, gue udah biasa naik motor kenceng-kenceng juga. Yang gue takutin adalah ban nasib motor gue, gimana jadinya kalo yang bawa motor gue aja bodoamat sama lubang-lubang dan polisi tidur yang ada di jalan, asal trabas ae.

Dan sialnya, apa yang gue khawatirin malah terjadi beneran. Gue yang ngebonceng kerasa banget kalo ban motor gue bocor. Awalnya gue anggap ini cuman kurang angin aja, jadi gue isiin aja angin, gue cariin bengkel-bengkel di tepi jalan. Dan karena cuaca di destinasi selanjutnya kelihatan kurang mendukung, destinasi selanjutnya pun diganti sembari gue dan kawan-kawan balik ke pusat kota, ke arah utara.

Udah dua kali ban ini gue isiin angin, lama kelamaan akhirnya kempot lagi. “Fix, ini pasti bocor,” dalem ati gue. Sambil ngendarain motor ke pusat kota, kita bertiga nyari-nyari tempat tambal ban. Susah juga ternyata nyari tambal ban waktu itu. Akhirnya, memasuki kawasan Srondol, gue nemuin tambal ban. Di situ pula gue ngobrol-ngobrol ga jelas sama temen-temen gue, mengutuk sebuah “kutukan” dengan tawaan.

Seni tambal ban minimalis yang kreatif
Gue ngebahas tentang skill tukang tambal ban yang kreatif itu. “Guru IPA aja belom tentu bisa bikin begituan, haha,” celoteh gue. Salah satu media yang bikin gue “wow” adalah kertas karbon wadah rokok sebagai konduktornya. Minimalis tapi nyatanya, enam bulan setelah gue tambalin, ban gue ga ada bocor-bocornya. “Wah,” Ardha menimpali,”tukang tambal ban pasti berguna banget di apocalypse”. Dan gue juga setuju, karena gue juga anak TWD.

JPO Skybridge Semarang
JPO Skybridge Pandanaran Semarang yang Instagrammable

Setelah proses penambalan ban selesai, gue dan kawan-kawan pun cabut. Destinasi selanjutnya diganti jadi ke JPO SkyBridge Pandanaran, Semarang. Dengan prinsip ekonomi, gue dan kawan-kawan pun memarkir kendaraan di indoapril, sekalian beli minum dan biar parkir free hehe. Dan setelah itu, kami pun naik ke atas jembatan penyeberangan itu, ambil foto, dan ketika semuanya udah selesai, kita bertiga ngumpul dulu di rumah si Fahri.

Peristiwa yang gue alami itu bener-bener berkesan buat gue. Ada pesan tersirat juga buat gue dan temen-temen, juga buat orang lain mungkin, bahwa kalau main diem-diem itu ada konsekuensinya. Terbukti dari awal perjalanan, si Ardha lupa naruh belanjaan ibunya, kemudian diseruduk truk, dan disusul dengan ban motor gue yang bocor.

Unforgettable.

2 komentar: